Peran Serta Unit Bisnis Royal Golden Eagle Mengubah Pangkalan Kerinci

Unit bisnis Royal Golden Eagle tentunya senantiasa berusaha memberikan yang terbaik untuk negeri. Grup usaha yang berdiri di tahun 1973 dengan nama Raja Garuda Mas dibawah pimpinan Sukanto Tanoto menjalankan prinsip 5C.

Salah satunya perwujudannya adalah mengubah Pangkalan Kerinci yang awalnya suatu desa tertinggal kini sudah menjadi kota dengan aliran listrik terpenuhi, struktur jalan yang sangat baik dan juga adanya fasilitas publik dan infrastruktur yang sangatlah baik.

Peran Unit Bisnis RGE Mengubah Pangkalan Kerinci

Di era 90an di Pangkalan Kerinci terdapat hanya sekitar 200 orang saja akan tetapi dengan adanya unit bisnis RGE banyak yang transmigrasi dari pulau – pulau dan melakukan perpindahan dari desa ke desa menuju Pangkalan Kerinci. Kini sudah terdapat lebih dari 102 ribu jiwa yang berdomisili di kawasan ini. Kisah sukses Royal Golden Eagle dan unit bisnis RGE dalam menjalankan Pangkalan Kerinci rupanya menjadikan semakin bersemangatnya pembangunan infrastruktur oleh RGE.

Salah satu contoh yang dilakukan oleh RGE untuk memaksimalkan potensi Pangkalan Kerinci adalah dengan mengembangkan pendidikan, kesehatan, serta infrastruktur yang ada di daerah tersebut. Karena dengan adanya pendidikan yang layak, kesehatan yang terjamin, serta infrastruktur yang dikelola dengan baik, salah satu unit bisnis dari RGE yaitu APRIL Grup ini yakin hal tersebut dapat membantu untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Pangkalan Kerinci. Maka dari itu, secara berkelanjutan APRIL Grup terus berkontribusi di daerah yang menjadi tempat operasi mereka.

RGE melalui unit bisnisnya pun memberikan sejumlah program beasiswa mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi, pelatihan guru, dan menyediakan fasilitas dan juga peralatan sekolah. Peningkatan pada akses dan pelayanan kesehatan juga dilakukan di daerah pedesaan. Serta penyediaan akses transportasi yang lebih baik untuk menunjang mobilitas masyarakat.

Langkah ini merupakan sebuah bukti konkret yang diberikan oleh RGE melalui unit bisnisnya yaitu APRIL Grup dalam memberikan manfaat kepada masyarakat dan juga negara. Kita bisa lihat bahwa masyarakat sudah menikmati manfaat yang diberikan dengan fasilitas pendidikan, kesehatan, serta infrastruktur yang membaik.

Logikanya dengan terjaminnya hal-hal tersbut di atas maka secara tidak langsung juga akan mengubah taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik dan terjamin. Masyarakat dapat mampu hidup lebih mandiri dengan memiliki pendidikan yang cukup.

Selain itu pembangunan infrastruktur juga memberikan efek berantai secara jauh lebih positif. Keberadaan prasarana yang baik dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan meningkatkan juga keterhubungan dan aktivitas ekonomi. Hasil dari kondisi tersebut yang kemudian menjadi suatu pembukaan lapangan kerja dan pertumbuhan sektor industri dan juga usaha kecil menengah khususnya yang ada di Riau secara khusus di daerah Pangkalan Kerinci.

Pemerintah Indonesia mengajak berbagai pihak untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya pembangunan termasuk bersama dengan pihak swasta. Semua ini juga dapat terjadi karena pemerintah Indonesia tidak akan dapat melakukan apa yang sudah menjadi visi misi negara secara sendirian. Sadar akan hal tersebut, unit bisnis RGE turun tangan. Pembangunan infrastruktur berupa jalan – jalan dan perbaikan – perbaikan juga sampai saat ini sudah dilakukan oleh unit bisnis RGE dibawah kepemimpinan Sukanto Tanoto.